logo blog

Cara Merawat Burung Kacer


Mas Kicau - Cara merawat burung kacer ternyata tidak sulit seperti yang dibayangkan bahkan terbilang sangat mudah asal kita bisa menjaga sangkarnya tetap bersih serta pemberian pakan yang berkualitas. Disini saya akan membahas mengenai persiapan kandang serta managemen pakan yang baik agar nantinya burung kacer yang dipelihara bisa sehat dan nyaman.


Sangkar Burung Kacer

Burung kacer dapat dipelihara dengan sangkar kotak yang berukuran 40 x 40 x 60 cm atau juga dapat juga bulat dengan diameter 40 cm. Sementara itu tempat tenggeran atau pangkringan dapat di buat dua bersilang dengan diameter tiap-tiap 1, 5 cm dari bahan cabang kayu asam. Pilihlah kayu asam dengan permukaan kulit yang agak kasar namun tak tajam hingga dapat untuk mengasah paruh supaya tak runcing. Untuk perawatan harian, kacer tak perlu dikerodong serta cuma dikeorodng pada malam hari supaya tak kedinginan.

Pakan Burung Kacer

Hal utama yang butuh di perhatikan dlm hal pakan yaitu menu yang variatif hingga kecukupan nutrisi, vitamin serta mineralnya. Pakan yang bagus, tak hanya lengkap nutrisinya layaknya protein, karbohidrat, juga lengkap vitaminnya layaknya vitamin A, D3, E, B1, B2, B3 ( Nicotimanide ) B6, B12, C serta K3. Disamping itu, butuh juga memiliki kandungan zat esensial layaknya D-L Methionine, I-Lisin HCl, Folic Acid ( sebenarnya yaitu di antara wujud dari Vitamin B ) serta Ca-D

Di samping vitamin, butuh juga kecukupan mineral. Mineral diperlukan dlm pembentukan darah serta tulang, keseimbangan cairan tubuh, manfaat syaraf yang sehat, manfaat sistem pembuluh darah jantung dan sebagainya. Layaknya vitamin, mineral berperan sbg ko-enzim, sangat mungkin tubuh lakukan manfaatnya layaknya menghasilkan tenaga, perkembangan serta pengobatan.

Yang terhitung mineral yang dibutuhkan burung kacer yaitu Calcium, Phosphor, Iron, Manganase, Iodium, Cuprum, Zinccum, kemudian Magnesium, dan Sodium Chlorin serta Kalium.

Makanan serta extra fooding yang cocok untuk burung kacer

Voer ( baiknya tentukan yang berkadar protein tengah yakni : 12%-18%, belum pasti voer yang bernilai mahal dapat pas dengan sistem metabolisme tiap-tiap burung kacer. Voer mesti senantiasa ada di dalam wadahnya. Senantiasa ganti dengan voer yang kondisinya masih baru tiap-tiap dua hari sekali.
EF ( Extra Fooding ), pakan tambahan yang amat baik bikin burung kacer yakni : jangkrik, orong-orong, kroto, cacing, ulat hongkong, ulat bambu, ulat kandang, dan kelabang, belalang serta yang lain. Pemberian EF mesti senantiasa sesuai dengan ciri-ciri pada tiap-tiap burung serta juga mesti tahu dengan tentu efek klausal dari pemberiannya EF tersebut. Mas Kicau

Video
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Cara Beternak - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger