logo blog

Kandang Penangkaran Jalak Suren Yang Ideal

 Kandang Penangkaran Jalak Suren Yang Ideal

Mas KicauUntuk keberhasilan dalam penangkaran burung jalak suren maka diperlukan beberapa hal yang harus diperhatikan salah satunya adalah kandang. Dengan kandang yang memadai maka tingkat roduksi dapat maksimal sehingga mampu memberikan banyak keuntungan bagi peternak.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat kandang penangkaran jalak suren yang ideal meliputi:

1. Ukuran

Untuk penangkaran burung jalak suren diperlukan sebuah kandang yang relatif agak besar, semakin besar maka jalak yang hendak kawin akan leluasa dalam merangsang pasangannya serta tingkat stress burung semakin kecil. Ukuran yang ideal adalah 1mx1m dengan ketinggian 1,8m-2m akan membuat nyaman pasangan burung jalak. 

2. Lokasi Kandang Penangkaran

Lokasi untuk pembuatan kandang penangkaran sebaiknya dipilih yang aman, nyaman, tenang, dan jauh dari keramaian atau kebisingan. Konstruksi kandang penangkaran dibuat menghadap ke timur agar burung yang ditangkarkan mendapatkan sinar matahari pagi secara langsung. Lantai kandang harus lebih tinggi daripada tanah di luar kandang untuk menghindari air hujan masuk ke dalam kandang. Kandang penangkaran harus bebas dari gangguan serangga seperti kecoa dan semut serta bebas dari ganggaun binatang seperti tikus, kucing, anjing, musang, ular, dan sebagainya.

3. Sirkulasi Udara
 
Kandang penangkaran harus memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga udara dalam kandang selalu berganti dengan udara yang segar. Kandang penangkaran yang selalu mendapat udara segar akan mendukung kenyamanan dan kesehatan burung yang ditangkarkan.

4. Pohon Perindang
 
Pohon perindang di sekitar kandang penangkaran akan mendukung lingkungan kandang sehingga mirip dengan habitat asli cucakrawa. Selain itu, pohon perindang juga berfungsi untuk menghalangi terik matahari dan terpaan angin kencang.

5. Isi Kandang Penangkaran

 Untuk mendukung kenyamanan burung jalak suren yang ditangkarkan agar mereka cepat berjodoh dan bertelur, maka kandang penangkaran harus dilengkapi sarana-sarana sebagai berikut.
  • Sarang Bertelur
Bahan yang lazim untuk sarang burung jalak suren adalah kotak kayu . Sediakan pula sulur daun cemara kering yang bisa dibeli di kios burung. Rumah sarang sebaiknya diletakkan pojok kiri atas kandang penangkaran.
  • Tempat Bertengger
Tenggeran dimaksudkan sebagai tempat untuk hinggap bagi jalak suren sambil bercengkerama, membersihkan paruh setelah makan, dan sebagai tempat untuk tidur di waktu malam: Tenggeran dapat menggunakan bahan dari ranting pohon yang cukup keras, misalnya ranting pohon asam jawa. Besarnya ranting kayu yang digunakan untuk tenggeran disesuaikan dengan kaki jalak suren agar dapat mengcengkeram dengan kuat.
  • Tempat Pakan dan Minum
Tempat pakan dan minum untuk kandang penangkaran jalak suren sebaiknya terbuat dari wadah yang mudah dibersihkan dari kotoran dan lumut serta mudah untuk dipindah-pindahkan. Tempat pakan dan minum tersebut dapat berupa mangkok plastik atau alumunium yang tidak bocor dan tidak karatan. Tempat pakan dan minum diletakkan di tempat yang mudah terjangkau dan tidak mudah terkena kotoran.


Video Kandang Penangkaran

Inilah beberapa faktor yang harus terpenuhi pada kandang penangkaran jalak suren agar mendapatkan produksi yang maksimal.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 komentar

kalau buatnya didalam rumah bisa gan?

Balas

Bisa gan... asal sirkulasi udaranya juga diperhatikan

Balas

Copyright © 2013. Cara Beternak - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger