logo blog

Cara Merawat Burung Jalak Suren

Cara Merawat Burung Jalak Suren

Mas KicauMempunyai burung Jalak Suren yg Bagus dan Lincah adalah Idaman Semua para Penghobi Burung. Jalak Suren di Kenal ada Dua Jenis, Jalak Suren JAWA dan JALAK SUREN KALIMANTAN.  Ciri2 Jalak Suren JAWA terletak pada Warna Hitam Polos pada Bulu di atas Paruhnya, Sedangkan Jalak Suren KALIMANTAN memiliki Warna Putih pada Bulu di Atas Paruhnya. Jalak Suren Juga Bisa di Pelihara orang karena memiliki sifat yg Sensitif, ketika ada orang Jalak Suren Biasanya mengeluarkan Bunyi yg Keras dan Bising. Habitat Asli Burung Jalak Suren dulunya di Sawah dan di Rawa2, Makanannya di Alam adalah Serangga Kecil, Ikan, dan Cacing Tanah. 
Berikut ini Cara Merawat Burung Jalak Suren:


  • Memandikan Jalak Suren

Pagi Sebelum di Mandikan Jalak Suren di angin-anginkan terlebih dahulu, kurang Lebih 30menit dari Jam 7 pagi sampai Jam 7.30. Setelah itu Baru di Mandikan, kalo Jalak Suren udah Mau Mandi sendiri di tempat mandinya berikan saja tempat mandinya biar dia mandi sesuka hati, tapi klo dia belom mau mandi sendiri bisa di semprot dgn semprotan, atur air yg keluar jadi halus, karena biasanya Jalak Suren tidak suka di semprot dgn air yg Kasar. Setelah itu biarkan Jalak Suren membersihkan Bulu2nya dahulu. Sambil nunggu Jalak Suren mandi kita Bersihkan dulu kandangnya biar Bersih.


  • Makanan dan Minuman Jalak Suren

Di Habitat Asli Jalak Suren suka makan serangga dan kadang juga memakan Cacing, kalo Jalak Suren rumahan kita kasih saja Voer dan EF(Extra Fooding). Kita bisa memberikan EF Jalak Suren berupa Jangkrik, Ulat Hongkong(UH), atau Kroto, Tapi kalo kroto sekarang agak Sulit dicari. Lebih baik kita kasih Jalak Suren EF yg Mudah di cari saja bisa Jangkrik, Ulat Hongkong. Tetapi jangan terlalu banyak memberi Ulat Hongkong karena bisa membuat tubuh Jalak Suren panas cukup 2 sendok per 2 hari. Jangkrik bisa kita berikan setiap hari pagi kita bisa kasih 3-4 jangkrik, siang kiat kasih 3-4, sore bisa kita kasih 4-5 jangkrik. Bisa juga dikasih Jalak Suren dgn ikan kecil2 yg ada di sawah agar makanannya bervariasi. Untuk minum harus setiap hari, Untuk tambahan bisa kita tambah Vitamin di minuman. Karena Jalak Suren tergolong burung yg suka mandi pastikan cepuk minum yg agak Besar.


  • Kebersihan Kandang

Karena Jalak Suren tergolong burung yg suka makan dan mandi pasti kandangnya akan kotor, dan kandang yg kotor akan membuat burung tidak nyaman dan sarang penyakit, seperti kutu dll. Kandang kita bersihkan setiap 2 hari sekali atau jika kandang sudah kotor dan tidak enak di pandang.



Kalo aku meletakan kandang di tempat yg pagi terkena sinar matahari dan ketika sudah agak siang tidak terkena sinar matahari. Jadi bisa kamu letakan Jalak Suren di tempat yg seperti Itu, karena sinar matahari pagi berguna untuk membakar lemak burung, selain itu sinar matahari juga bisa menghambat pertumbuhan kuku dan paruh burung, karena kalo burung yg mempunyai paruh yg panjang dan kuku yg panjang akan malas untuk berkicau.
Sekian, semoga bermafaat. 
Video
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Cara Beternak - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger