logo blog

Sapi Brahman, Sapi Potong Fenomenal

Sapi Brahman, Sapi Potong Fenomenal

Sapi Brahman adalah salah satu type sapi yang popular sebagai sapi potong unggulan selain sapi limosin dan sapi bali. Sapi brahman adalah strain baru  anakan dari sapi zebu yang datang dari India. Pengembang sapi ini adalah di negara Amerika. Awalnya sapi brahman belum begitu besar serta gemuk, sesudah di kembangkan serta diketemukan komposisi yang pas barulah expor impor sapi ini mulai ramai di pasar sapi pedaging dunia termasuk juga di Indonesia.

Sapi Brahman Asli India
Ciri - ciri sapi brahman yang paling kentara adalah punuknya yang besar dan kulitnya lebar. Gelambir di bawah kepalanya sampai di badan besar dan lebar. Postur sapi brahman juga sangat besar, mampu menyaingi sapi limousin dari segi berat dan kualitas karkas-nya. Jika dibandingkan dengan sapi lokal kita baik itu sapi bali maupun sapi madura sangat jauh bedanya. Jika sapi lokal hanya mampu mencapai bobot kurang dari 500kg, maka sapi brahman dapat mencapai lebih dari 1 ton berat badannya. Oleh karenanya sapi ini layak disebut sebagai salah satu sapi pedaging terbaik. Keunggulan lain dari sapi brahman adalah ketahanan fisiknya, jika biasanya sapi impor ketahanan fisiknya tidak sebaik sapi lokal, maka sapi ini tergolong memiliki ketahanan yang super. Dengan pakan yang kualitasnya rendah-pun sapi ini dapat tumbuh dengan baik, namun bukan berarti kita biasakan dengan pakan kualitas rendah, dengan pakan kualitas tinggi maka sapi ini dapat mencapai bobot maksimal dengan cepat. Selain ketahanan pangannya yang baik, sapi ini juga sangat penyakit terutama penyakit caplak yang sering menjangkiti sapi impor di Indonesia.

Sapi Brahman Amerika

Sapi brahman amerika adalah varietas sapi brahman unggul yang paling terkenal saat ini. Impor sapi brahman amerika sangat tinggi baik di Australia dan negara eropa lainnya. Sapi brahman amerika banyak dicari oleh para peternak besar di dunia karena secara genetik sangat cocok sebagai sapi persilangan atau sapi cross. Kualitas daging dan ketahannya tidak dapat disaingi oleh strain manapun. Dimulai pada tahun 1850-an, kisah keberhasilan peternak amerika dalam melahirkan sapi brahman unggul adalah kisah ternak sapi tersukses dalam sejarah. Kini anakan F-1 dan betina sapi brahman menjadi rebutan peternak sapi antar benua. Di Indonesia sangat sulit menjumpai peternakan sapi brahman asli dari Amerika. Bobot maksimal sapi brahman asli yang sudah dewasa adalah 1,1 ton untuk jantan, sedangkan betinanya adalah 700 kg. Belum ada informasi mengenai sapi brahman terbesar yang dicatat oleh museum rekor dunia.
sapi brahman, harga sapi brahman, ternak sapi brahman
Sapi Brahman Dewasa

Sapi Brahman Cross (BX)

Berawal dari keberhasilan sapi brahman amerika, lahirlah sapi brahman cross atau biasa dipanggil sapi BX. Yaitu sapi brahman amerika yang dibudidayakan di Australia dan disilangkan dengan sapi jenis shorthorn dan hereford, Ada pula yang menyilangkan sapi brahman dan droughmaster yang notabene juga merupakan sapi perah . Para peternak australia memanfaatkan kuatnya darah sapi brahman amerika sehingga anakannya lebih mirip sapi brahman amerika dibandingkan lawan silangnya dengan prosentase 80% dan 20%.

Pengambilan darah sapi brahman untuk diternak bertujuan agar anakan yang dihasilkan memiliki karakteristik sapi brahman yang kuat terhadap iklim dan lingkungan, daya tahannya dari penyakit juga tidak terbantahkan. Untuk bobotnya, berdasarkan teman saya yang beternak sapi brahman cross di daerah Jawa tengah, bobot dewasa dapat mencapai 1,2 ton untuk pejantan, dan betina nya berkisar 650 kg. Persilangan lain sapi brahman yang fenomenal lain adalah sapi Brangus. Hasil pertemuan antara sapi brahman dan sapi angus.
harga bibit brahman, brahman cross, bakalan sapi brahman
Sapi BX muda / bakalan

Harga Sapi Brahman dan BX

Bagi anda yang ingin mentahui kisaran harga sapi brahman saat ini, kami hanya dapat memberikan harga kisarannya saja. Itupun berbeda-beda berdasarkan variasi jenis persilangan dan peternaknya. Harga bibit sapi brahman (kebanyakan BX) untuk saat ini adalah kisaran 16 - 18 juta rupiah. Harga bakalannya relatif lebih tinggi daripada sapi limousin. Sangat baik untuk pedaging. Biasanya bakalan bobotnya kisaran 300 - 400kg dan berumur 2 tahun, tinggal digemukkan saja. Sedangkan harga sapi brahman dewasa yang siap potong adalah 35 - 40 juta rupiah. Jangan lupa untuk mencari informasi pada peternaknya mengenai pertumbuhan bobot tiap harinya.  Usahakan dapat mencapai 1kg lebih per hari.

Demikian pembahasan kami tentang sapi brahman. Jika anda membutuhkan informasi lebih, bisa anda posting di kolom komentar maupun mengirim email kepada kami. Intinya, sah - sah saja jika anda berminat untuk memelihara ataupun beternak sapi jenis brahman. Namun alangkah baiknya jika pemeliharaan dan penggemukan yang kita lakukan juga dibarengi dengan manajemen yang baik.
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »

1 komentar:

wuih ini kaya sapi raksasa yang di indonesia juga yah kak

cara membuat website gratis

Balas

Copyright © 2013. Cara Beternak - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger